loading...

Tuesday 21 August 2018

ANJING LHASA APSO


ANJING LHASA APSO adalah anjing yang berasal dari Tibet, dan dikenal dengan nama “Abso Seng Kye”. Di luar Tibet, anjing ini dikenal dengan berbagai macam nama, antara lain Talisman Dog, Anjing Seng Trou, Lhasa Terrier dan Apsos.
Pada tahun 1934 suatu perkumpulan pemelihara anjing-anjing trah yang berasal dari Tibet telah didirikan sehingga ciri-ciri trah anjing Lhasa Apso ditetapkan. Pada tahun itu juga ditetapkan nama dari anjing jenis ini.
Anjing Lhasa Apso tergolong dalam kelompok anjing-anjing Terrier. Anjing ini memiliki tinggi punggug depan antara 25 cm sampai 27 cm pada yang jantan dan sedikit lebih kecil pada betinanya.


Bulunya lurus dan lagi keras, panjang dan sangat lebat. Lebih-lebih lagi bulu-bulu pada kepalanya panjangnya sangat berlebihan, sehingga sampai menutupi matanya. Juga pada kaki-kakinya bulunya tumbuh sangat lebat.
Warna bulunya banyak variasinya. Antara lain warna emas, warna pasir, warna madu, abu-abu tua, “slate coloured” (warna batu tulis), smoke coloured (warna asap). Ada juga yang berwarna hitam, putih coklat atau beraneka warna.
Anjing Lhasa Apso ini memiliki sepasang telinga yang menjulai kebawah dan berbulu lebih panjang dan lebih lebat.


Ekornya juga berbulu lebih panjang dan lebih lebat. Ekor ini melingkar ke atas punggungnya. Perangainya gembira dan “assertive” tetapi segan-segan terhadap orang-orang yang tidak dikenalnya.
Anjing Lhasa Apso di negeri asalnya di Tibet digunakan sebagai anjing penjaga didalam rumah, sebab suhu di luar rumah kadang-kadang terlalu dingin, sekalipun anjing ini berbulu tebal.

No comments:

Post a Comment

CARA MENDAFTAR DAN MEMBUAT AKUN FAUCETHUB

CARA MENDAFTAR DAN MEMBUAT AKUN FAUCETHUB Cara Membuat Akun Faucethub | Faucethub adalah salah sebuah Micro Wallet terbaik yang berfun...